Laman

Selasa, 09 September 2014

Ciri-Ciri Fisik Rosululloh

Banyak diantara kaum muslimin yang mengaku pernah berjumpa dengan Rosululloh -Shollallohu 'Alaihi Wasallam- di dalam mimpi. Mereka begitu bergembira mendapatkan hal tersebut padahal belum tentu orang yang dilihatnya (dalam mimpi) tersebut adalah benar-benar Beliau. Banyak diantara mereka yang apabila ditanya, "Dari mana kamu tahu bahwa dia adalah Rosululloh?" Mereka menjawab, "Ya, tidak tahu! Hanya saja hati saya mengatakan demikian.". Jika demikian halnya, bukanlah hal yang mustahil apabila setan yang telah ditemuinya dengan maksud untuk menipunya. Terlebih lagi, seringkali dengan dalih mimpi bertemu Rosululloh yang mengajarkan padanya bacaan atau amalan yang tidak pernah ada tuntunannya maka dia menolak kebenaran yang telah nampak di hadapannya.

Benar, bahwa Rosululloh pernah bersabda dalam haditsnya bahwa setan tidak bisa menyerupainya. Sebagaimana yang dinyatakan dalam hadits berikut :

"Barangsiapa yang melihatku dalam mimpi maka dia benar-benar telah melihatku karena setan tidak mampu meniru rupa diriku." [HR. Al-Bukhori dan Muslim]

Akan tetapi, hadits ini berlaku bagi mereka yang mengetahui ciri-ciri fisik beliau. Sebagaimana para sahabat yang berjumpa dan mengetahui rupa beliau ketika beliau masih hidup. Adapun kita, kita tidak pernah berjumpa dengan beliau sehingga kita tidak pernah tahu seperti apa rupa beliau. Terlebih lagi tidak ada foto yang bisa kita jadikan rujukan karena memang pada peralatan foto belum ditemukan pada jaman beliau. Dengan demikian, sangat rentan sekali bagi kita untuk ditipu oleh setan yang mengaku-ngaku sebagai Rosululloh. Oleh sebab itulah, Al-Imam Muhammad bin Sirrin -Rohimahulloh- selalu menanyakan ciri-ciri laki-laki yang dilihat seseorang dalam mimpi yang dikiranya sebagai Rosululloh. Apabila ada diantara ciri-ciri yang disebutkan tidak beliau kenali maka beliau akan mengatakan bahwa laki-laki yang dijumpai tersebut bukanlah Rosululloh.

Guna mencegah dari tipu daya setan yang hendak menyesatkan, alangkah baiknya apabila kita mengetahui ciri-ciri fisik Rosululloh berdasarkan hadits-hadits yang shohih.

Berikut adalah ciri-ciri fisik beliau yang saya kumpulkan dari berbagai sumber terpercaya :

1. Berpostur sedang, yakni tidak terlalu tinggi tapi tidak pula terlalu pendek dan berfisik bagus.
2. Berkulit putih akan tetapi tidak seperti bule.
3. Berambut hitam dan ikal, panjangnya sampai cuping telinga namun kadang juga beliau membiarkannya hingga sepundak dan ada beberapa helai uban di rambutnya.
4. Berwajah oval, tampan dan bercahaya bahkan cahayanya mengalahkan cahaya bulan purnama.
5. Berjenggot dan ada beberapa helai jenggotnya yang beruban.
6. Berbahu datar.
7. Berdada bidang dan berbulu.
8. Memakai cincin perak yang bertuliskan "Muhammad Rosululloh" di jari manis tangan kirinya.
9. Bermata hitam, bulu matanya panjang , sudut matanya lebar, dan suka memakai celak.
10. Gaya berjalannya tegak seperti orang yang sedang berjalan di jalan yang menurun.
11. Pakaian kesukaannya adalah pakaian yang berwarna putih akan tetapi beliau juga terkadang memakai pakaian dengan warna lainnya. Dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa beliau juga terkadang memakai pakaian yang berwarna merah.
12. Gaya bicaranya lembut, jelas, rinci, tidak terlalu sedikit tidak pula terlalu banyak, tidak cepat juga tidak lambat.
13. Bila diam, beliau terlihat berwibawa. Dan apabila berbicara, beliau tampak menarik.

Demikianlah apa yang bisa saya sampaikan. Untuk lebih jelasnya, silahkan merujuk pada link-link di bawah ini :

1. http://almanhaj.or.id/content/3406/slash/0/ciri-fisik-rasulullah-yang-sempurna/
2. http://kisahmuslim.com/sifat-fisik-dan-akhlak-rasulullah/
3. http://www.konsultasisyariah.com/mimpi-bertemu-nabi-muhamad/#
4. http://almanhaj.or.id/content/3405/slash/0/mimpi-bertemu-nabi-muhammad-shallallahu-alaihi-wa-sallam/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Para Pengunjung yang budiman! Silahkan untuk memberikan saran, kritikan, dan komentarnya mengenai artikel yang ada di web ini. Namun, tetap memperhatikan etika dalam memberikan saran, kritikan, dan komentar.