Laman

Selasa, 11 Desember 2012

Biografi Kholifah Rosulillah, Abu Bakar Ash-Shiddiq -Rodhiyallohu 'Anhu-




لو كنت متّحد خليلا لا تّخذت ابا باكر، ولكن اخي و صاحبي
“Seandainya, aku diperbolehkan mengambil kekasih selain Alloh, niscaya aku akan memilih Abu Bakar sebagai kekasih, akan tetapi ia adalah saudaraku dan sahabatku.”


Tak Kenal Maka Tak Cinta
Mari Mengenal Khulafaur Rosyidin Al-Mahdiyin, Abu Bakar Ash-Shiddiq Rodhiyallohu ‘Anhu !!!


Nasab Beliau

Hayo...Siapa nama beliau yg sebenarnya, ada yg tahu? ‘Abu Bakar’ itu bukan nama asli beliau, itu hanyalah nama kunyah (panggilan) beliau. O, iya! Mempunyai nama kunyah itu merupakan Sunnah Rosul, loh! Rosul sendiri memiliki nama kunyah, apa nama kunyah Rosul? Ya, benar! Nama kunyah beliau adalah Abu Al-Qosim dan Abu Ibrohim. Kembali ke nama asli dari Abu Bakar Ash-Shiddiq, nama asli beliau adalah Abdulloh bin ‘Utsman bin Amir bin Amr bin Ka’ab bin Sa’ad bin Taim bin Murroh bin Ka’ab bin Lu’ai bin Gholib bin Fihr Al-Quroisy At-Taimi. Huh...kecapean kalo harus menyebutkan sepanjang ini, agar mudah mengingatnya, kita katakan bahwa nama beliau adalah Abdulloh bin ‘Utsman At-Taimi.


Nah, siapakah nama ibu beliau? Ibu beliau memiliki kunyah, yaitu Ummu Al-Khoir, sedangkan nama aslinya ialah Salma binti Shokhr bin Amir bin Ka’ab bin Sa’ad bin Taim  atau cukup sebut saja Salma binti Shokhr At-Taimi.

Pada waktu jahiliyah, beliau dijuluki dgn nama Atiq. Dan beliau juga memiliki nama kunya lainnya, yaitu Ibnu Abi Quhafah.

Ciri Fisik Beliau

Putri beliau, ‘Aisyah binti Abu Bakar Rodhiyallohu ‘Anha menceritakan ciri-ciri fisik beliau sebagai berikut :

“Beliau berkulit putih, kurus, tipis kedua pelipisnya, kecil pinggangnya, wajahnya selalu berkeringat, hitam matanya, berkening lebar, memiliki urat tangan yg tampak menonjol, dan selalu mewarnai janggutnya dgn daun pacar (Hinai) atau daun pohon Al-Katm.”

Masuk Islamnya Beliau

Beliau merupakan laki-laki dewasa yg paling pertama memeluk agama islam, dari kaum wanita yg paling pertama masuk islam adalah Istri Rosul, Khodijah binti Khuwailid Rodhiyallohu ‘Anha, sedangkan dari kalangan anak-anak adalah ‘Ali bin Abi Tholib Rodhiyallohu ‘Anhu. Beliau merupakan sahabat yg paling besar pengaruhnya sehingga dgn sebab dakwah beliaulah, beberapa orang tokoh besar Suku Quraisy masuk agama islam, diantaranya : Abdurrohman bin Auf, Sa’ad bin Abi Waqqosh, ‘Utsman bin ‘Affan, Zubair bin Awwam, dan Tholhah bin Ubaidillah Rodhiyallohu ‘Anhum (Kelima sahabat ini termasuk kedlm 10 sahabat yg dijamin masuk surga).

Istri-Istri  dan Anak-Anak Beliau

Beliau memiliki empat orang istri, yaitu :

a.    Qutailah binti Abdul ‘Uzza bin Abdu bin As’ad, beliau menikahinya ketika masa jahiliyah. Dari pernikahan ini lahirlah Abdulloh bin Abu Bakar dan Asma’ binti Abu Bakar.

b.   Ummu Ruman binti Amir bin Uwaimir bin Zuhal bin Dahman Al-Kinanah. Dari pernikahan ini lahirlah ‘Abdurrohman bin Abu Bakar dan ‘Aisyah binti Abu Bakar.

c.  Asma’ binti Umais bin Ma’ad bin Taim Al-Khots’amiyyah. Dari pernikahan ini lahirlah Muhammad bin Abu Bakar yg lahir ketika Haji Wada’.

d.      Habibah binti Khorijah bin Zaid bin Abi Zuhair Al-Khozroj. Dari pernikahan ini lahirlah Ummu Kultsum binti Abu Bakar yg lahir setelah Rosul wafat.

      Profesi Beliau

Sebelum beliau diangkat sebagai Kholifah, profesi beliau adalah sebagai pedagang kain. Suatu ketika setelah beliau diangkat sbg kholifah, beliau seperti biasa memanggul barang dagangannya kepasar. Ditengah perjalanan, beliau bertemu dgn ‘Umar bin Al-Khoththob dan Abu Ubaidah bin Al-Jarroh Rodhiyallohu ‘Anhuma, mereka berdua berkata kpd beliau : “Profesimu sbg pedagang sudah tdk layak lagi bagimu, apalagi engkau tlh mengemban amanah yg amat besar (menjadi seorang kholifah). Jika engkau berdagang maka siapa yg akan mengurusi kepemerintahan?”. Beliau menjawab : “Jika tdk berdagang seperti ini, bagaimana aku dapat menghidupi anak-anak dan istri-istriku?”. Mereka berdua menjawab : “kalau begitu mari ikut kami, kami akan siapkan gaji utkmu!”.

Beberapa Keteladan dan Keutamaan Beliau

1.    Beliau adalah orang yg menemani Rosul didlm gua ketika hijrah yg kemudian Alloh Subhanahu Wa Ta’ala abadikan didlm Al-Qur’an, lihat QS. At-Taubah : 40.
2.      Beliau adalah orang yg paling berilmu diantara para sahabat
3.      Beliau adalah sahabat yg paling utama
4.      Beliau memiliki kedudukan mulia disisi Rosululloh
5.      Beliau adalah orang yg paling dahulu masuk islam dan selalu menemani Rosululloh
6.      Beliau memiliki iman yg sangat kuat dan beliau adalah orang memiliki kejujuran yg tinggi
7.      Beliau memiliki kemauan (dlm melakukan kebaikan) yg tinggi
8.      Beliau dan keluarganya diberkahi oleh Alloh Subhanahu Wa Ta’ala
9.      Beliau dijamin oleh Alloh dgn surga
10.  Beliau adalah orang yg mati-matian membela Rosululloh Sholallohu ‘Alaihi Wasallam
11.  Beliau adalah orang yg paling dicintai oleh Rosululloh Sholallohu ‘Alaihi Wasallam
12. Beliau adalah orang yg ditunjuk langsung oleh Rosul utk menjadi penggantinya (menjadi Kholifah).
13.  Beliau adalah Kholifah yg pertama kali memerintahkan utk mengumpulkan Al-Qur’an.

      Wafatnya Beliau

Beliau wafat pada hari senin di malam hari, ada yg mengatakan beliau wafat setelah Maghrib (malam selasa). Beliau dikebumikan malam itu juga yaitu tepatnya 8 hari sebelum berakhirnya bulan Jumadil Akhir tahun 13 H, setelah beliau mengalami sakit selama 15 hari. Masa kekholifahan beliau hanya berlangsung selama 2 tahun lebih 3 bulan dan beliau wafat pada usia 63 tahun, persis sama dgn usia Nabi ketika wafat.

Ketika sakit, beliau melantunkan sebuah bait Syair yg berbunyi :

Engkau selalu memberikan kabar duka cita atas kematian kekasihmu
Hingga kini engkaulah yang akan diberitakan itu
Seorang anak muda boleh jadi berharap sesuatu
Namun, dia meninggal dunia sebelum mendapatkannya

--------------------------------------------------******------------------------------------------------
Diringkas dari Buku Al-Hafidz Ibnu Katsir, Tartib Wa Tahdzib Kitab Al-Bidayah Wan Nihayah; Perjalanan Hidup Empat Khalifah Rosul Yang Agung yang disusun oleh DR. Muhammad bin Shomil As-Sulami.  

_____________________________________

Kita sebagai seorang muslim sudah barang tentu memuliakan beliau dan juga mendoakan beliau. Bahkan hal itu merupakan bagian dari keimanan krn Rosululloh memerintahkan utk menghormati, memuliakan, dan mendoakan kebaikan utk beliau. Akan tetapi, dlm hal ini telah menyimpang suatu kelompok yg mengaku bagian dari islam, tetapi mereka malah menghina beliau bahkan sampai mengkafirkan beliau. Mereka menyebut beliau sbg salahsatu dari dua berhala Quraisy, yaitu yg bernama Al-Jibtu. Bahkan didalam sholat, mereka melakukan penglaknatan kpd beliau dan ‘Umar bin Al-Khaththob Rodhiyallohu ‘Anhuma. Tahukah kalian mereka itu siapa? Ya, mereka adalah yg menamakan dirinya dgn SYI’AH. Berhati-hatilah kalian terhadap mereka!

Do’aku utk beliau (Abu Bakar Ash-Shiddiq Rodhiyallohu ‘Anhu) :

Semoga Alloh merahmatinya dan menempatkannya didalam surga-Nya yang penuh dengan kenikmatan. Dan semoga Alloh menghinakan orang-orang yg memusuhinya dan Semoga Alloh membalas mereka dgn balasan yg setimpal atas perbuatan jahat kpdnya. ....Aamiin....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Para Pengunjung yang budiman! Silahkan untuk memberikan saran, kritikan, dan komentarnya mengenai artikel yang ada di web ini. Namun, tetap memperhatikan etika dalam memberikan saran, kritikan, dan komentar.