Laman

Senin, 08 Oktober 2012

Siapa Bilang Valentine's Day Haram?

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh! Temen-temen pasti pernah denger yg namanya Hari Raya Valentine, yg didlmnya ada saling tuker coklat itu loh....! Nah, temen-temen tau ngga sejarahnya hari tsb??? Tau juga ngga Hukum merayakannya? Nyok...kita simak penjelasana berikut :

Sejarah HARI VALENTINE (Valentine’s Day)

pada masa Romawi Kuno terdapat sebuah perayaan yang bernama perayaan Lupercalia. Upacara tsb diadakan setiap tgl 13 – 18 februari untuk memperingati (menyembah) Dewi Cinta. Setiap pemuda yang mengikuti perayaan tsb melakukan pengundian yang isi undian tsb adalah nama-nama gadis. Gadis yg namanya keluar harus menjadi pasangan pemuda yg mendapatkan undian tsb selama satu tahun utk melayani dan menghibur pemuda tsb.
Ketika agama Kristen Katolik masuk ke Roma, para pendeta agama ini lalu mengadopsi perayaan tsb dan mewarnainya dgn nuansa kristen. Salah satunya ialah mengganti nama – nama gadis dgn nama-nama Pastur. Kemudian, Paus Gelasius 1 meresmikan perayaan ini menjadi hari perayaan gereja dan diberinama dengan “Saint Valentine’s Day” . kata “Valentine” diambil dari nama seorang pendeta yaitu St. Valentine yg mati pada tgl 14 februari. Penyebab kematian pendeta ini tdk pernah diketahui secara pasti..........!

Pandangan Islam Terhadap Valentine’s Day

Dalil Al-Qur’an :
“Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mengetahui tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya akan diminta pertangggungjawabannya” (QS. Al-Isra' : 36)
“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil orang-orang Yahudi dan Nasrani menjadi pemimpin-pemimpin(mu); sebahagian mereka adalah pemimpin bagi sebahagian yang lain. Barangsiapa di antara kamu mengambil mereka menjadi pemimpin, maka sesungguhnya orang itu termasuk golongan mereka. Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang zalim.” (Al-Maidah:51)
“Kamu tidak akan mendapati sesuatu kaum yang beriman kepada Allah dan hari akhirat, saling berkasih sayang dengan orang-orang yang menentang Allah dan Rasul-Nya.” (Al-Mujadilah: 22)
“Orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak akan senang kepada kamu hingga kamu mengikuti agama mereka. Katakanlah: "Sesungguhnya petunjuk Allah itulah petunjuk (yang benar)". Dan sesungguhnya jika kamu mengikuti kemauan mereka setelah pengetahuan datang kepadamu, maka Allah tidak lagi menjadi pelindung dan penolong bagimu.” (QS. Al-Baqarah : 120)

“Janganlah orang-orang mukmin mengambil orang-orang kafir menjadi wali dengan meninggalkan orang-orang mukmin. Barang siapa berbuat demikian, niscaya lepaslah ia dari pertolongan Allah, kecuali karena (siasat) memelihara diri dari sesuatu yang ditakuti dari mereka. Dan Allah memperingatkan kamu terhadap diri (siksa)-Nya. Dan hanya kepada Allah kembali (mu).” (QS. Ali Imran : 28)

Dalil Hadits :
“Barang siapa meniru suatu kaum, maka ia termasuk dari kaum tersebut.” (HR. At-Tirmidzi)
Diriwayatkan dari Abu Said al-Khudri Radiyallahu 'anhu : Rasulullah bersabda: "Kamu akan mengikuti sunnah orang-orang sebelum kamu sejengkal demi sejengkal, sehasta demi sehasta. Sampai mereka masuk ke dalam lubang biawak kamu tetap mengikuti mereka. Kami bertanya: Wahai Rasulullah, apakah yang kamu maksudkan itu adalah orang-orang Yahudi dan orang-orang Nasrani? Rasulullah bersabda: Kalau bukan mereka, siapa lagi?" ( HR. Bukhori dan Muslim )
Jadi, berdasarkan Dalil-dalil diatas, begitu jelas bahwa Islam tdk pernah menganjurkan kita utk melakukan/merayakan hari valentine, malah yg ada Islam melarang/mengharamkan perayaan ini. Oh, iya,,,disini hanya membahas dari segi Acaranya saja! Kalo utk isi acaranya Insya Alloh tlh terwakili dengan Hukum Pacaran....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Para Pengunjung yang budiman! Silahkan untuk memberikan saran, kritikan, dan komentarnya mengenai artikel yang ada di web ini. Namun, tetap memperhatikan etika dalam memberikan saran, kritikan, dan komentar.