Laman

Selasa, 09 Oktober 2012

Dimanakah Posisi Makmum Bila Seorang Diri?

-->
Assalamu’alaikum, temen-temen! ^_^ gimana kabarnya? O,,iya! Kali ini kita akan bahas tentang posisi makmum bila seorang diri...Apakah tetep dibelakang imam atau sejajar dg imam? Yuk,,,kita simak pembahasannya....
Dari Jabir bin Abdullah, ia berkata ; "Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam pernah berdiri shalat, kemudian aku datang, lalu aku berdiri disebelah kirinya, maka beliau memegang tanganku, lantas ia memutarkan aku sehingga ia menempatkan aku sebelah kanannya. Kemudian datang Jabbar bin Shakr yang langsung ia berdiri di sebelah kiri Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam. Lalu beliau memegang tangan kami dan beliau mendorong kami sehingga beliau mendirikan kami dibelakangnya". [Shahih Riwayat Muslim & Abu Dawud]

Dari Ibnu Abbas, ia berkata ; "Aku pernah shalat bersama Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam pada suatu malam. Lalu aku berdiri di sebelah kiri beliau, kemudian Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam memegang kepalaku dari belakangku, lalu ia tempatkan aku disebelah kanannya ...." [Shahih Riwayat Bukhari I/177
]
Dari Ibnu Abbas, ia berkata ; "Aku pernah shalat di sisi/tepi Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam dan Aisyah shalat bersama kami dibelakang kami, sedang aku (berada) di sisi Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, aku shalat bersamanya (berjama'ah)". [Shahih Riwayat Ahmad & Nasa'i]

faidah dari ketiga hadits diatas :

1. jika makmum hanya sendiri, makmum tsb berdiri disisi sebelah kanan imam dan sejajar dgn imam.
2. Jika makmum berjumlah dua orang atau lebih, makmum tsb harus berdiri dibelakang imam.
3. Jika makmum tsb adalah perempuan, maka makmum berdiri dibelakang imam walaupun makmum (perempuan) tsb seorang diri.

[Diringkas dari kitab Al Masaa-il (Masalah-Masalah Agama) jilid 1, Penulis Abdul Hakim bin Amir Abdat, Penerbit Darul Qolam, Jakarta, Cetakan III]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Para Pengunjung yang budiman! Silahkan untuk memberikan saran, kritikan, dan komentarnya mengenai artikel yang ada di web ini. Namun, tetap memperhatikan etika dalam memberikan saran, kritikan, dan komentar.