Laman

Senin, 08 Oktober 2012

Efek Lagu

Assalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh! Senang bisa berjumpa lagi sama temen-temen,,, (^_^) pd kesempatan ini, saya akan membawakan ringkasan pendapat para ahli tentang PENGARUH LAGU pada perilaku manusia..... oh,,iya sebelum tlh dibahas tentang EFEK MUSIK... Nyo,,,kita langsung ke TKP!!!!!! (^_^)

Dalam Jurnal Sexuality & Culture tlh dipublikasikan penelitian yg dilakukan oleh Caugar Hall, Yosua H. West dan Shane Hill dari Brigham Young University in Provo, Utah. Mereka melakukan penelitian thdp efek yg ditimbulkan oleh 100 lagu terpopuler di Billboard Hot 100 pada remaja. Dan hasilnya, mereka menemukan bahwa lagu-lagu tsb membuat sebagian besar para remaja tsb melakukan free sex dan penyalahgunaan zat berbahaya. Berikut ucapan mereka :



“Musik populer yang memiliki lirik seksual di dalamnya, dapat mengajarkan remaja untuk menjadi agresif secara seksual dan wanita diperlakukan sebagai objek pelampiasannya. Informasi mengenai hal ini penting bagi masyarakat bahwa perlunya pendidikan seks guna menyadari masalah ini dan mengurangi dampak terhadap penyimpangan perilaku seksual di kalangan remaja.”

Penelitian lainnya dilakukan oleh DR. Brian A Primack dari Fakultas Kedokteran Universitas Pittsbrugh, AS yang dipublikasikan di The American Journal of Preventive Medicine. Beliau melakukan penelitian pd 711 remaja yg rata-rata berusia 14 tahun, para remaja tsb diberikan pertanyaan sekitar hobi mereka mendengarkan lagu berlirik porno dan mengandung unsur seks. Dan hasilnya,,,,rata-rata para remaja tsb mendengarkan lebih dari 14 jam lagu-lagu yg mengandung unsur seks dan satu dari tiga remaja tsb mengaku pernah berhubungan seks dgn pacarnya, bahkan ada yg telah sampai berkali-kali. Berikut ucapan beliau :

"Hasil kajian menunjukkan, remaja berusia akil baligh yang sering mendengarkan lirik lagu bernafaskan seks memiliki tingkat perilaku seksual lebih tinggi."

Kemudian,,,Penelitian yg dilakukan oleh Steven C. Martino, PhD dan para peneliti lainnya dari Nirlaba yg bernama RAND, hasil penelitian ini di muat dlm Jurnal Pediatrics. Para peneliti tsb mewawancarai 1.242 remaja yg berusia 12-17 tahun melalui telepon. Dlm wawancara tsb, para peneliti memberikan pertanyaan rinci mengenai perilaku seksual mereka dan seberapa sering mereka mendengarkan 16 lagu populer yg berbeda saat diwawancarai, kemudian wawancara ini dilakukan lagi 1 tahun dan 3 tahun berikutnya. Para peneliti juga meneliti kandungan lirik seksual dan lirik seksual yg merendahkan perempuan dari ke 16 lagu populer tsb, hasilnya...Genre Musik Rap dan Rap-Rock merupakan yg paling banyak mengandung unsur seksual yg merendahkan perempuan....! Dan hasil dari penelitian terhadap wawancara tsb ialah bahwa sebagian besar remaja tsb tlh berhubungan seks lebih dini krn terpengaruh oleh lirik-lirik lagu yg mengandung unsur seksual tsb. Para peneliti menjelaskan bahwa mendengarkan lirik-lirik tsb secara berulang-ulang dan dari waktu ke waktu dapat menyebabkan remaja melakukan tindakan sesuai dgn apa yg didengarnya...berikut pernyataan Steven C. Martino, PhD :

"Semakin sering remaja mendengarkan lagu dengan lirik yang merendahkan perempuan secara seksual, semakin besar kemungkinannya melakukan hubungan seksual dan aktivitas seksual lainnya. Pengaruh ini tetap ada meskipun 18 prediktor perilaku seksual lainnya ikut diperhitungkan."

"Remaja perempuan yang berulang kali mendengar lirik ini beranggapan bahwa perempuan harus tunduk saat diminta berhubungan seks dan diperlakukan dengan tidak hormat oleh pacarnya. Sedangkan remaja laki-laki bisa jadi akan menafsirkan perilaku seksual yang sembrono sebagai perilaku yang 'sangat laki-laki' dan menganggap perasaan perempuan bukanlah hal yang penting."

"Lirik yang dinilai merendahkan adalah lirik yang mengatakan seolah-olah laki-laki tak pernah terpuaskan secara seksual dan hanya mengejar perempuan sebagai objek seks."
_________________________

Begitulah temen-temen! Jadi, hati-hati ya....dalam memilih dan mendengarkan musik dan lagu....krn berdasarkan penjelasan diatas jelas bahwa tidak semuanya musik dan lagu yg kita dengerin itu baik utk kita....bahkan lagu-lagu yg “tdk layak utk didengar” itu ternyata dapat memberikan efek buruk kpd kita....Mungkin sekarang tdk ada efek apapun,,,,akan tetapi, beberapa tahun ke depan ???? perlu temen-temen tahu bahwa kanker paru-paru itu bukan disebabkan krn merokok satu batang dua batang atau satu hari dua hari akan tetapi berbungkus-bungkus dan berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun....

Nah,,,temen-temen! Ternyata, pengaruh musik dan lagu ini ada hubungannya dgn HIPNOTIS OTAK/PENYUGESTIAN OTAK loh....Oleh karena itu, Insya Alloh,,,di lain kesempatan kita bahas tentang hubungan Hipnotis/Penyugestian dgn Musik dan Lagu...

Mudah-mudahan ringkasan penjelasan diatas bermanfaat bagi temen-temen,,,,mohon maaf bila ada kesalahan kata ya...! Wassalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh! (^_^)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Para Pengunjung yang budiman! Silahkan untuk memberikan saran, kritikan, dan komentarnya mengenai artikel yang ada di web ini. Namun, tetap memperhatikan etika dalam memberikan saran, kritikan, dan komentar.