Laman

Senin, 08 Oktober 2012

Etika Dalam Memberi Nasehat

Assalamu'alaikum, My Brothers! Now, we will discuss about "method of dakwah" (Sok inggris,,,pdhal blepotan, hehehe....Peace Ah! (^_^)V)

.....Saya ambilkan Summary-nya dari Fatwa Syaikh Abdul 'Aziz bin Baz -Rahimahulloh- .....

Temen-temen pasti pernah kan menasehati (baca : Dakwah) keluarga atau mungkin Adek kakak atau seseorang mungkin,,, Tp pernah ngga kita memikirkan bener ngga nih cara dakwah kita selama ini atau jangan-jangan selama ini is Wrong? Nah,,,nyo kita simak ringkasan penjelasan Syaikh :
...

Cara Dakwah yg baik ialah :
1. Musti Ikhlas

2. Musti punya Knowledge (ilmu), berdasarkan Firman Alloh Ta'ala :

"Serulah (manusia) kepada jalan Rabbmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik." [QS. An-Nahl : 125]

3. Musti tau Timing (pemilihan waktu) yg tepat (Saya : Jadi, jangan nasehatin orang pas orang tsb lagi makan sambel ya,,,,! ehh,,,salah, maksudnya pas orang tsb marah atau pas lagi sibuk, atau pas ngga mau dinasehatin, atau pas didepan umum atau....faham kan yaaa! ^_^)

4. Musti menggunakan bahasa yg bisa dimengerti, Musti sopan santun, and lemah lembut (Saya : Saat ngasih nasehat jangan prnh pake bahasa planet ya...nanti orang yg dinasehati (baca : Mad'u) malah bengong lagi...! And harus sopan santun plus lemah lembut kalau ngga bisa-bisa dikasih semburan naga lagi...), berdasarkan firman Alloh Ta'ala :

"Maka berbicalah kamu berdua kepadanya dengan kata-kata yang lemah lembut mudah-mudahan ia ingat atau takut." [QS.Thaha: 44]

5. Musti tau kondisi si-Mad'u (Saya : jangan gini,,,mad'u butuh nasehat tentang akhlak ehhhh kita malah bahas aqidah,,,,Jadi, ngga nyambung kan!!! atau jangan gini,,,kita nasehatin orang gede pake cara nasehatin anak kecil,,,nah ini kan sama aja melecehkan ya kan???)
______________________
Wouhhh,,, saya juga sering salah dlm cara menasehati terutama kpd keluarga! :( Oleh karena itu, saya minta maaf pd temen-temen yg merasa kesinggung atau sakit hati ya! sungguh saya tdk bermaksud menyinggung atau menyakiti hati temen-temen. itu semua terjadi krn kurangnya ilmu saya dan kurang jelasnya perkataan saya,,,Maklum masih belajar.... hehehe...Saya Dimaafkan ngga nih temen-temen?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Para Pengunjung yang budiman! Silahkan untuk memberikan saran, kritikan, dan komentarnya mengenai artikel yang ada di web ini. Namun, tetap memperhatikan etika dalam memberikan saran, kritikan, dan komentar.